PENGALAMAN TA'ARUF DAN MATRIKULASI


بسم الله الرحمن الرحيم
TA’ARUF DAN MATRIKULASI S2 UIKA BOGOR
Jumat  29 September 2018, hari itu adalah hari yang penuh dengan rasa penasaran yaitu H-1 sebelum diadakannya acara Ta’aruf dan Matrikulasi Program Pascasarjana.di Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor. Penasaran dengan kegiatannya yang belum pernah saya alami. Yang muncul dalam pikiran saya adalah; seperti apakah acaranya? Apakah seperti ospek yang ada dikampus lain ?.

Dihari jumat saya bermusyawarah dengan teman teman yang sama sama ikut S2 musyawarah via WA, akhirnya kami sepakat untuk berangkat jam 03.00 karena kami jauh dari Sukabumi khawatir terjebak macet karena acaranya akan dilaksanakan sabtu 29 September 2018 jam 07.00. kami 15 orang dari Sukabumi sudah sepakat berangkat jam 03.00 dengan menggunakan 2 mobil APV.

Malam sabtu tiba dan saya sebelum tidur masih ngebayangin dan penasaran dengan acara esok hari, dan berpesan pada istri untuk membangunkan sebelum jam 03.00 karena takut terlambat. Baying penasaran masih tetap ada tidak bias dihilangkan. Rasanya seperti mau samenan saat SD ingin cepata menyaksikan matahari terbit dan ikut acara.

Jam 03.00 saya bangun  dan segra menghubungi teman teman karena khawatir ditinggalkan, persiapan dan langsung berangkat ketempat berkumpul yaitu di Ponpes Al-M’tuq. Akhirnya kita berangkat jam 03.30. dengan mengucap bismillah kita berangkat.
Selama diperjalanan kita ngobrol tentang acara ta’arup dan matrikulasi, ternyata teman teman juga belum kebayang acaranya seperti apa. Tidak terasa terdengar adzan subuh kita pun berhenti di mesjid pinggir jalan dan solat subuh. Setelah solat kita melanjutkan perjalanan lalu kemudian kita singgah rumah makan warteg di rancamaya sukabumi. Setelah sarapana kita lanjutkan perjalanan menuju kampus dan Alhamdulillah tiba di kampus jam 06.30.

Jam 07.00 sebelum acara dimulai kita di ukur untuk pembuatan jaket almamater kampus. Setelah di ukur kita masuk ke aula yang sudah disiapkan oleh panitia, duduk setengah jam dan baca baca buku yg dibagikan oleh panitia sambil menunggu dimulainya acara.
Modertor mengumumkan susunan acara;
1.        Pembukaan oleh MC.
2.         Pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Ustadz Syamsul Basri, M.E.I.
3.         Sambutan oleh Rektor UIKA bapak Dr. HE. Bahruddin, M.Ag.
4.        PenjelasanVisi, Misi dan perkembangan Sekolah Pascasarjana Oleh Direktur bapak Prof. Dr. KH. Dididn Hafidhuddin, M.S.
5.         Mengenal sosok Ulama Besar Ibnu Khaldun oleh Wakil Direktur bapak H. Hendri Tanjung, Ph.D.
6.         Penjelasan Akademik dan Administrasi Keuangan Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor Tahun Akademik 2018-2019 oleh Sekprodi Doktor Pendidikan Agama Islam bapak Dr. H.E.Mujahidin, M.Si.
7.        Penyematan Jaket Almamater oleh Direktur bapak Prof. Dr. KH. Dididn Hafidhuddin, M.S.
8.         Penutupan dan Doa oleh MC.
9.        Photo bersama setiap jurusan dan Para Dosen.
10.     Ramah Tamah dan ISHOMA ( Istirahat Sholat dan Makan).

 Bapak Dr. HE. Bahruddin, M.Ag. sebagai Rektor dalam sambutannya beliau menjelaskan tentang sejarah berdirinya Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor dan sejumlah prestasi yang pernah diraih UIKA, beliau juga menjelaskan bahwa kampus UIKA ini ada 2 (sama nama) yang satu di Jakarta yang satu lagi di Bogor, adapun yang di Jakarta penulisannya Ibnu Chaldun dengan Ch sedangkan yang ini (di Bogor) penulisan Ibnu Khaldun dengan Kh.
Bapak Prof. Dr. KH. Dididn Hafidhuddin, M.S. beliau menyampaikan Visi Misi UIKA. Visi UIKA adalah Menjadi Pusat Keilmuan yang Unggul Berbasis Keislaman dan Teknologi. Beliau menjelaskan bahwa diantara maksud dari Visi ini adalah mengislamisasikan teknologi.

MISI UIKA BOGOR :
1.        Menyelenggarakan program pascasarjana yang unggul berbasis nilai-nilai keislaman dan penerapan teknologi.
2.        Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk kesejahteraan masyarakat dengan pendekatan interdisipliner.
3.        Mengembangkan kerjasama dalam lingkup nasional, regional, dan internasional untuk mendukung Program Pascasarjana sebagai pusat kajian yang unggul.

TUJUAN UIKA BOGOR:
1.        Menjadi Sekolah Pascasarjana yang memiliki keunggulan dalam proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis nilai-nilai keislaman dan penerapan teknologi.
2.        Menghasilkan insane akademik yang berskhlak mulia, kreatif, inovatif, dan mempunyai kemampuan mengembangkan ilmu berlandaskan ajaran islam dan teknologi.
3.        Menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dapat meningkatkan kualitas kesejahtteraan masyarakat sesuai dengan ajaran islam.
4.        Terjalinnya kerjasama dalam lingkup nasional, regional, dan internasional dalam pelaksanaan program tridharma perguruan tinggi.

MOTTO UIKA BOGOR
Iman ( Faith ), Ilmu ( Knowledge ) dan Amal ( Good Deed)
Dan lain lain yang disampaikan oleh bapak direktur seperti : Program Magister (S2); Program Studi endidikan Agama Islam (M.Pd.), Program Studi Ekonomi Syariah (M.E), Program Studi Manajemen (M.M), Program Studi Teknologi Pendidikan. Dan banyak lagi program studi lainnya yang beliau sebutkan.
Selanjutnya adalah Mengenal sosok Ulama Besar Ibnu Khaldun oleh Wakil Direktur bapak H. Hendri Tanjung, Ph.D. Beliau menyampaikan Biografi Ibnu Khaldun, Hasil Karya Ibnu Khaldun, Pengakuan Barat terhadap Ibnu Khaldun, Jabata yang ernah diemban, Bidang Ilmu, Ibnu Khaldun sebagai Bapak Ekonomi, dan Teori Ekonomi Pembangunan Ibnu Khaldun.

BIOGRAFI IBNU KHALDUN
Nama: Abu Zayd ‘abd ar-Rahman ibnu Muhammad ibnu Khaldun al-Hadrami. Lahir: Tunisia 1 Ramadhan 732 H atau 27 Mei 1332 M. ketika peradaban islam dalam proses penurunan dan disintegrasi setelah ada penjarahan, pembakaran dan penghancuran Bagdad dan wilayah sekitarnya oleh bangsa Mongol tahun 1258 M ( 74 tahun sebelum kelahiran Ibnu Khaldun). Wafat: Mesir 25 Ramadhan 808 H atau 17 Maret 1406 M. pada tahun 2006 Spanyol memperingati kematiannya yang ke 600 tahun.
Bapak Hendri Tanjung juga menyampaikan Pernyataan Ibnu Khaldun yaitu:
1.        Ketahuilah bahwa pendidikan Al-Quran adalah syiar agama oleh umat islam sedunia.
2.         Oleh karena itu, pendidikan Al-Quran dapat meresap kedalam hati dan memperkuat iman.
3.        Pengajaran Al-Quran patut diutamakan sebelum mengembangkan ilmu – ilmu yang lain.

Setelah bapak Hendri memaparkan penjelasan tentang Ibnu Khaldun, beliau sebelum menutup acaranya mengadakan kuis atau menyampaikan beberapa pertanyaan seputar hal-hal yang beliau sampaikan. Yang bias menjawab diberi hadih yaitu buku novel hasil karyanya (karya bapak Hendri). Saya mencoba menganngkat tangan untuk menjawab pertanyaan beliau namun sayang seribu sayang, ngangkat tangannya kalah cepat sama yang lain. Tapi in syaa allah saya beli bukunya karena penasaran dengan isinya dan tentunya karena kecintaan dan hormat saya  karena allah kepada penulisnya.

Setelah bapak Didin dan bapak Hendri kemudian Penjelasan Akademik dan Administrasi Keuangan Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor Tahun Akademik 2018-2019 oleh Sekprodi Doktor Pendidikan Agama Islam bapak Dr. H.E.Mujahidin, M.Si.  dalam kesempatan ini beliau myampaikan hal-hal berikut:
1.        Program pendidikan yang diselenggarakan pada Sekolah Pascasarjana.
2.        Mata Studi.
3.        System Perkuliahan.
4.        Pemberhentian Mahasiswa.
5.        Beban Studi.
6.        Penilaian Akhir Tahun Akademik.
7.        Penilaian Hasil Belajar.
8.        Penilaian Semester.
9.        Kewajiban Publikasi Ilmiah.
10.     Penyelesaian Akhir Studi.
11.     Hak Publikasi dan Sitasi.

Banyak hal yang baru yang belum saya ketahui terutama istilah istilah yang beliau sampaikan tentang kewajiaban saya sebagai mahasiswa pascasarjana. Dengan ini saya harus lebih giat dan semangat dalam menjalankan kewajiban ini sehingga saya mendapatkan ilmu yang banyak, bermanfaat dan berkah.

inilah kegiatan ta’aruf yang dilaksanakan pagi hari hingga menjelang dzuhur. Selanjutnya kegiatan matrikulasi atau pembekalan perkuliahan yang akan dijalani atau dilakukan kedepannya selama masa belajar 4 semester atau 2 tahun in syaa allah.
Setelah ISHOMA; Istirahat Sholat dan Makan. Pada jam 13.00 kita mulai matrikulasi pertama yang diasampaikan oleh baak Hendri Tanjung tentang “GORESKAN PENA, TAKLUKAN DUNIA”.  Dalam kesempatan ini beliau memotivasi para mahasiswa pascasarjan untuk giat menulis dan menjadi penulis. Karena beliau sudah merasakan nikmatnya jadi seorang penulis dan juga beramal melalui tulisan.

Adapun  hal-hal yang tangkap dari materi beliau adalah sebagai berikut : perintah menulis ada pada surat al-Alaq ayat 4. yang ditulis adalah ilmu, pengalaman diri sendiri maupun orang lain, pendapat (opini), perjalanan dan biografi. Sebelum menulis kita harus membaca dulu seperti disebut ayat pertama surat al alaq yaitu IQRO’, yang dibaca adalah penciptaan, alam, fenomena dan buku. Motivasi dalam menulis adalam motivasi diri sendiri dan paling powerful motivasi akhirat. Agar tuliasan kita baik harus ikuti kaidah-kaidah penulisan, banyak membaca buku-buku yang mirip dengan apa yang akan ditulis, kuasai metode penulisan.

Beliau juga menyampaikan bahwa hasil karya beliau dibidangnya yaitu ekonomi islam bias tembus peringkat ke-5 dunia, versi google scholar dalam hal banyaknya citations untuk rumpun ekonomi islam. Ini adalah motivasi bagi saya pribadi dan juga mahasiswa yang lainnya untuk menjadi rajin membaca dan menulis.

Demikian pengalaman taaruf dan matrikulasi yang bisa saya tulis. Kesan saya selama kegiatan ini adalah; al-quran sumber ilmu,  ketika berkumpul sama orang orang hebat saya termotivasi untuk lebih giat belajar dan merasa masih banyak kekurangan. Adab para ustad dan dosen yang saya kagumi banyak ilmu tapi tawaddu’. Kesuksesan tidaqk akan didapat kecuali dengan ijn Allah kemudian ikhtiyar kita yang masimal.

Al-faqiir Deden Dimyati
Mahasisswa Pascasarjana Tahun akademik 2018/2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelajaran Ke 11. Durusullughoh Jilid 1

Pelajaran Ke - 8 bagian 1. Durusullughoh jilid 1